Kamis, 19 Mei 2016

Road Map Membangun Bisnis Online Beromset Miliaran

Road Map Membangun Bisnis Online Beromset Miliaran

Saat ini jual beli secara online sudah menjadi hal yang biasa. Pengguna  internet yang menembus angka lebih dari 50 juta users di Indonesia menjadi salah satu faktor utamanya. Selain itu,  sudah banyak sekali kisah sukses bisnis online yang bisa ditemukan di berbagai macam media. Sebut saja Tokopedia yang  mendapatkan investment sampai miliaran  rupiah. Atau Lazada yang bisa menjual ratusan bahkan ribuan barang setiap harinya.  Belum lagi Tiket.com, sebuah situs untuk memberi tiket secara online yang transaksinya sudah mencapai miliaran.  Sekarang pertanyaannya adalah, bagaimana dengan anda? Apakah anda cuma mau jadi  penonton saja?



Kali ini, mari kita bahas apa saja sih  kiat-kiat yang harus disiapkan ketika ingin memulai bisnis online. Karena tahapannya ada banyak, mari kita asumsikan saat ini anda  sudah memiliki produk untuk dijual. Jadi fokus utamanya adalah apa langkah selanjutnya  untuk sukses berjualan secaraonline.  Berikut ini adalah road map-nya.

Step ZERO: Sebelum Memulai  Semuanya

Sebelum memulai membangun bisnis online, tentukan terlebih dahulu bisnis  model anda. Apakah anda menawarkan sebuah produk yang menyelesaikan suatu masalah  atau sebuah jasa. Dengan asumsi anda sudah memiliki produk/jasa untuk ditawarkan  pada customer, pastikan anda memiliki  profit margin yang cukup untuk menutup cost atau biaya harian dan bulanan dari bisnis anda. Pisahkan mana biaya yang  termasuk ke dalam fixed cost(biaya tetap)  dan mana bagian yang termasuk ke dalam variable  cost(biaya tidak tetap).

Hal yang perlu diingat ketika anda baru saja  membangun bisnis, cobalah untuk fokus pada aliran arus kas (cash flow) yang positif. Mengapa? Supaya  anda tetap bisa bernafas sembari mengembangkan bisnis anda. Jangan lupa juga untuk  mendaftarkan merek dari produk anda dan kebutuhan dasar lainnya.

Oke, anda sudah menyiapkan semuanya. Kalau ingin  memulai berjualan secara online, apa sih  yang harus disiapkan? Berikut langkah-langkahnya.

Step  Pertama: Pelajarilah Cara Membeli Domain Hosting

Domain dan hosting adalah hal yang dibutuhkan ketika anda ingin membuat sebuah  toko onlineHosting adalah tempat penyimpanan dari files anda seperti gambar, artikel, video dan lain-lain. Sedangkan  domain adalah alamat website anda. Sebagai  contoh, www.aaaa.com atau www.bbbb.comadalah nama domain.

Untuk memiliki sebuah domain dan hosting, sebenarnya anda tidak perlu membutuhkan  biaya yang mahal, untuk sebuah website sederhana, dengan uang Rp 250.000,- saja anda sudah bisa memiliki sebuah website.Untuk membelinya, anda bisa search saja dengan kata kunci “beli  domain hosting” atau “pesan domain  dan hosting”, pilih salah satu provider-nya di sana. 

Step  Kedua: Bangunlah website Anda

Setelah anda memiliki domain dan hosting. Langkah selanjutnya adalah mulai  mendesain website anda. Pada step kedua ini, memang prosesnya agak teknikal.  Dalam menjalankan bisnis, hanya ada dua hal yang bisa anda lakukan: belajar sendiri  dan lakukan sendiri (ini akan menghemat biaya tetapi membutuhkan waktu untuk belajar)  atau anda bisa outsourcingsaja ke pihak  ketiga untuk membuatkan website anda seperti  Sirclo, Webpraktis atau Dewaweb.

Anda bingung mana yang harus anda tempuh? Lihat  saja kondisi anda di mana sekarang, kalau saat ini anda memiliki modal yang  lumayan banyak, anda bisa hire pihak ketiga  untuk membangun toko online anda dan anda  bisa fokus padahal  lain dari bisnis anda. Atau kalau modal anda saat ini pas-pasan, mau tidak mau anda  harus mempelajari cara membangun sebuah website.  Salah satu CMS (Content Management System)  yang mudah dan memiliki banyak tutorial gratis di Youtube adalah Wordpress dengan plugin Woocommerce untuk toko online-nya.

Step  Ketiga: Install Google Analytics Dan Webmaster Tool ke Website

Langkah selanjutnya, setelah anda memiliki sebuah website yang onlineadalah meng-install Google Analytics dan juga Google Webmaster padawebsite anda.

Google Analytics adalah salah satu tool gratis yang disediakan Google yang  berguna untuk melihat behavior atau perilaku visitor yang mengunjungiwebsite anda. Beberapa informasi yang  bisa anda ketahui adalah jumlah pengunjung website anda, darimana mereka datang (search  enginedirect url atau dari media  sosial), jumlah page views, dan masih  banyak lagi yang lainnya.

Sedangkan Google Webmaster tool adalah sebuah tool gratis yang disediakan Google yang berguna untuk menganalisa performa website anda di mata search engine. Sebagai contoh mengetahui  aktivitas google botterhadap website anda, seberapa banyak yang sudah  ter-index, selain itu anda juga bisa menghilangkan link yang masuk ke website anda dengan menggunakan link disavow dan masih banyak lagi yang lainnya.

Step  Keempat: Pelajari Traffic Generation

Bisnis model sudah siap, website sudah online dan instalasi Google Analytic serta Google Webmaster sudah  oke. Langkah selanjutnya adalah pelajari bagaimana cara mendatangkan pengunjung  ke website anda atau disebut juga sebagai traffic generation.

Saat ini, ada banyak sekali metode traffic generation yang bisa anda gunakan.  Namun beberapa yang efektif di antaranya adalah Search Engine Optimization  (SEO), Google Adwords dan Facebook Marketing. Mari kita bahas satu persatu.

a. SEO
SEO adalah salah satu teknik traffic generation yang concern utamanya adalah membuat website anda tampil di halaman pertama organic listing di SERP.



Beberapa hal yang perlu anda  pahami untuk teknik SEO ini adalah: pelajari tentang riset keyword (kenali karakter keyword,  pahami tentang cara mengecek persaingan suatu keyword, pahami cara brainstorming keyword), lalu pelajari tentang SEO On Page, pelajari tentang SEO  Off Page (berhubungan dengan backlink),  pelajari tentang domain factor dan terakhir  adalah pelajari tentang faktor lain seperti site  structure, site speed, mobile friendly.

SEO bisa dibilang sebagai salah  satu traffic generation yang memiliki  banyak sekali variabel. Namun ketika anda paham tentang SEO dan bisa menerapkannya  di bisnis anda, semuanya akan menjadi sangat mudah danprofitable.

b. Google Adwords
Google Adwords adalah salah  satu metode traffic generation yang  memanfaatkan Google Ads Network. Dengan menggunakan Google Adwords, anda bisa menjangkau  target customer potensial anda dengan  tepat, terukur dengan budget yang bisa  anda sesuaikan. Singkatnya, anda memasang iklan di Google Network, jadi setiap  kali ada orang yang meng-klik iklan anda, anda harus membayar sejumlah uang.

Google memiliki beberapa network yang bisa anda gunakan, diantaranya  adalah Google Search Network dan Google Display Network. Sedangkanplatform yang bisa anda targetkan adalah PC/Desktop platform dan yang kedua adalah mobile platform.



c. Facebook Marketing
Salah satu traffic generation method yang juga sangat  efektif untuk memasarkan produk anda adalah Facebook Marketing. Salah satu keunikan  dari traffic generation ini adalah anda  menggunakan Facebook sebagai sumber traffic anda, anda bisa menargetkan berdasarkan lokasinya, jam tampil iklan, pria atau wanita,  umur, gadget/device yang digunakan,  dan bahkan juga berdasarkan interest mereka.

Step  Kelima: Pelajari Tentang Outsourcing dan Automasi Pekerjaan

Seiring berkembangnya bisnis Anda, otomatis  anda tidak mungkin bisa mengerjakannya sendiri. Pada sebuah toko online yang sederhana (kalau anda mengerjakannya  sendiri), waktu di awal, anda dipaksa harus bisa untuk multi-tasking atau melakukan beberapa fungsi sekaligus dalam satu waktu.  Mulai dari menjadi customer service,  mem-packing ­barang, mengirim barang,  memfoto produk dan lain sebagainya. Pada awalnya, boleh saja anda mengerjakan semuanya  sendiri, tetapi ketika bisnis anda membesar dan transaksi penjualan anda semakin  banyak, sangat disarankan untuk memulai automasi pekerjaan anda dengan cara meng-hirekaryawan. Dengan tambahan tenaga 1-2  orang saja dalam waktu yang sama bila dibandingkan dengan mengerjakan sendiri,  akan ada banyak sekali pekerjaan yang bisa anda selesaikan.

The  Last: Sum It Up

Kelima langkah itulah yang bisa anda jadikan  sebagai panduan atau sebuahroad map ketika membangun sebuah bisnis online.  Saran terakhir, cobalah untuk berfokus terlebih dahulu pada satu jenis model  bisnis dan juga satu jenis traffic  generation. Jadi kalau anda ingin menggunakan SEO, fokuslah terlebih dahulu  menggunakan SEO sampai batas minimal tertentu sebagai contoh sampai profit  bulanan anda mencapai 10 juta/bulan, setelah itu baru pelajari dan praktekkan traffic generation yang lain.

Pasti bermanfaat, Let’s Take Action!
“Knowing Is Nothing, Applying What You Know Is Everything”

Sumber artikel : pengusahapintar.com 

0 komentar:

Posting Komentar