Senin, 08 Februari 2016

Lima Pewangi Ruangan Ini Bangkitkan Rasa Bahagia

Rumah yang bersih dan wangi tentu akan memberi kenyamanan bagi penghuninya. Wewangian tidak hanya sebagai pelengkap untuk interior, tapi juga dapat menambahkan kesan khusus dalam rumah Anda.
Untuk mempertegas karakter rumah, ada baiknya Anda memilih wewangian yang sesuai dengan karakter ruangannya. Misalnya di dapur, Anda bisa membuat sensasi bersemangat dengan wewangian citrus.
Sementara itu, wewangian vanila di kamar tidur bisa membuat Anda lebih nyaman saat beristirahat. Nah, sebelum menemukan pewangi ruangan yang pas untuk setiap sudut rumah, coba pahami dulu karakteristik wewangian paling populer berikut ini, dikutip dari Countryliving.com
Citrus
wewangian1-horz
“Buah-buahan seperti jeruk, grapefruit (jeruk bali merah), dan lemon memiliki wewangian yang bisa meningkatkan semangat dan energi,” ucap Cynthia LaBonte, aromaterapis dan herbalis dari Newport Aromatherapy.
“Wewangian Citrus juga identik dengan kebersihan. Aroma lapisan pertama yang timbul, langsung terhirup sampai ke ujung kepala dan bisa memberikan rasa lebih nyaman, segar, dan bahkan percaya diri,” ia menambahkan.
Cobalah: Lilin Citrus. Berikan aroma elegan di lemari pakaian dengan wewangian lilin infus ini. Pilih kombinasi wewangian jeruk, pomegranate dan bunga mawar.

Vanilla
wewangian3-horz
“Salah satu wewangian paling yang banyak disukai dan menenangkan secara universal adalah vanilla,” ucap Rachel Herz, ahli psikologi ilmu wewangian, neuroscientist, dan penulis buku The Scent of Desire.
“Wewangian aromatik ini biasa terkandung dalam ASI dan susu formula bayi. Bagi kebanyakan orang, aroma ini bisa membawa perasaan positif dan menenangkan,” katanya.
Cobalah: Diffuser Vanila. Caranya dengan menghancurkan dan suling biji vanili dan gunakan diffuser untuk menghembuskan wanginya. Seketika perumahan Anda akan beraroma seakan Anda menghabiskan seharian memanggang kue.

Kayu Manis
wewangian5-horz
Penelitian dari Wheeling Jesuit University menunjukkan bahwa aroma kayu manis dapat meningkatkan memori peserta tes. Tentu ini adalah berita baik, demi mencegah Anda kepikunan yang kerap terjadi di hari yang sibuk. Anda bisa menempatkan wewangian beraroma kayu manis di ruang kerja atau meja belajar.
Cobalah: Pucuk Pinus dan Kayu Manis. Ada cara murah meriah untuk menyelinapkan aroma ini ke dalam dekorasi rumah Anda. Tempatkan pucuk pinus beraroma kayu manis dalam sebuah mangkuk cantik dan letakkan di posisi strategis untuk mengeluarkan aroma renyah.

Kopi
wewangian7-horz
Semua orang tentu tahu, kafein yang terkandung dalam kopi yang Anda minum dipercaya bisa memberi semangat untuk memulai hari. Namun kopi tidak hanya bermanfaat untuk minuman, tetapi juga sebagai wewangian.
Aroma kopi sendiri memang bisa meningkatkan perhatian visual Anda terhadap objek tertentu. Tentu wewangian ini akan membuat Anda lebih cepat fokus saat baru bangun tidur.
Cobalah: Jika Anda menyukai wangi kopi namun lebih memilih untuk tidak meminumnya, maka buatlah bungkusan mungil yang menarik yang berisi serbuk kopi. Selanjutnya, simpan di lemari pakaian Anda.
Melati
wewangian9-horz
Aroma melati yang manis bisa memberi rangsangan di bagian otak Anda sehingga Anda merasa segar dan berenergi, demikian menurut penelitian.
Cobalah: Diffuser melati. Dikombinasikan dengan wewangian jeruk, infus berisi minyak melati ini dapat membantu Anda merasa bersemangat di pagi hari.
Isnaini Khoirunisa
Penulis adalah content writer Rumah.com. Untuk berkomunikasi dengan penulis, Anda dapat mengirim email ke: isnainikhoirunisa@rumah.com atau melalui Twitter: @isnaainaa
Foto: Pixabay

Sumber : Rumah.Com

0 komentar:

Posting Komentar