Selasa, 19 Januari 2016

Modal Irit Renovasi Rumah



puzzle pieces to place your concepts with clipping path
Sebagai tempat bernaung dan beristirahat, rumah memegang peran penting dalam hidup Anda. Agar tetap terlihat indah dan terasa nyaman, rumah memerlukan renovasi berkala.
Merenovasi rumah dilakukan untuk berbagai tujuan, misalnya saja untuk selalu mengikuti tren desain rumah. Merenovasi rumah juga membutuhkan pertimbangan yang matang, supaya nanti biaya renovasi rumah murah tidak membengkak dan meleset dari rencana awal.
Barangkali Anda dan banyak orang pernah mengalami ketakutan tersendiri saat berpikir merenovasi tempat tinggal Anda. Apalagi jika kebutuhan tersebut termasuk yang mendesak bagi rumah Anda, misalnya untuk mempersiapkan datangnya musim hujan.
Agar tidak mengeluarkan terlalu banyak biaya, berikut ini beberapa tips untuk menghemat biaya renovasi rumah:
Tentukan Konsepnya Secara Matang dan Mendetail
Konsep yang akan digunakan dalam merenovasi rumah harus Anda tentukan, misalnya mengubah konsep rumah menjadi lebih modern. Pilih bagian aman saja yang akan direnovasi, mulai dari atap, teras depan, susunan ruangan dan sebagainya.
Dengan memperhatikan hal tersebut di atas, biaya renovasi rumah bisa diperkirakan dari tahap awal. Tentunya Anda memeriksa semua rencana yang sudah dirancang dengan konsep yang matang. Adanya konsep yang jelas dan desain yang detail juga akan mempermudah tukang untuk melakukan pekerjaannya secara lebih cepat.
Lakukan Seleksi Bahan dan Kualitas Material Bangunan
Pemilihan bahan dan kualitas material bangunan diperlukan terutama jika ada keterbatasan dana. Apakah ada material lama yang akan digunakan kembali atau semuanya baru. Jika ada pertimbangan penggunaan material lama, Anda harus melakukan pembongkaran secara berhati-hati.
Tentunya pemakaian barang berkualitas sedang atau barang bekas ini hanya dapat diterapkan pada bagian-bagian tempat tinggal yang tidak terlalu riskan yakni keramik lantai, kayu- kayu, dan cat tembok. Berkreasilah dan manfaatkan kembali untuk bagian lain rumah Anda. Misalnya, bekas ubin lama dapat dimanfaatkan kembali dalam bentuk pecahan ubin untuk carport atau taman.
Sedangkan untuk bagian yaitu rangka atap, fondasi tempat tinggal, struktur bangunan, pipa air yang ditanam dan cat eksterior, gunakan material yang baru.
Pilih Cara Pembayaran yang Paling Cocok
Jika konsep dan desain telah jelas dan matang, sistem pembayaran tukang dengan sistem borongan akan lebih menguntungkan. Namun, jika konsep dan desain belum jelas, lebih baik membayar tukang dengan sistem harian.
Jadwalkan Waktu yang Paling Tepat
Merenovasi rumah ada baiknya memilih waktu yang tepat, misalnya pada saat musim kemarau. Jika musim hujan tiba, tentu pengerjaan renovasi bisa terhambat dan meleset dari perhitungan awal. Biaya renovasi rumah bisa membengkak karena gangguan cuaca.
Selain itu, biasanya pada saat renovasi rumah, penghuni yang masih tetap berada di rumah memanfaatkan ruangan yang tidak direnovasi. Keadaan demikian tentu akan mengganggu kenyamanan, karena risiko atap belum selesai direnovasi.

Sumber : rumah123.com




Baca juga produk bisnis properti :

0 komentar:

Posting Komentar