Senin, 07 November 2016

Cara Mudah Merencanakan Biaya Membangun Rumah

Untuk membangun sebuah rumah idaman, tentu biaya membangun rumah menjadi hal yang paling dipikirkan. Terlebih bagi kita yang memiliki budget pas-pasan dan perlu menabung dari tahun ke tahun untuk dapat membangun rumah idaman yang akan menjadi istana bagi kita maupun keluarga kita kelak.

Untuk itu, merencanakan biaya membangun rumah menjadi hal yang asik untuk diperbincangkan. Mulai dari bagaimana cara mendapatkannya, cara merencanakan untuk apa saja nantinya uang itu, dan bagaimana merealisasikannya.


Selain itu, masih berkaitan dengan biaya membangun rumah, masalah apakah kita akan menabung terlebih dahulu sampai uang kita cukup untuk membeli rumah atau berhutang di lembaga pembiayaan juga menjadi hal yang sangat perlu dipertimbangkan.

• Desain & konsultasi

Biaya membangun rumah biasanya tidak terlepas dari bagaimana desain rumah yang akan kita buat. Pada umumnya, biaya desain arsitektur berkisar antara 2-4% dari rencana anggaran biaya pembangunan rumah.

Saat ini, untuk urusan perencanaan tersebut sudah banyak difasilitasi oleh arsitek-arsitek profesional yang sudah banyak membuka jasa konsultasi tentang membangun rumah impian anda.
Namun sebenarnya, bagi anda yang memiliki budget terbatas, anda bisa memilih alternatif lain untuk meminimalisir biaya konsultasi tersebut. Misalnya, anda mendesain rumah sendiri dengan bantuan internet, atau dengan mencoba berkonsultasi di forum-forum arsitektur yang sudah banyak membuka diskusi di internet.

Jika anda bisa memanfaatkan jaringan �gratisan�, anda akan dapat menghemat biaya konsultasi rumah yang bisa saja anda gunakan untuk biaya lain. Sebagai gambaran, biasanya harga desain rumah ditentukan berdasarkan harga per meter persegi yang pada umumnya bila lokasi berada di kawasan Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi (Jabodetabek), harganya bisa berkisar antara 50 ribu hingga 100 ribu rupiah per meter persegi.

• Rencana Anggaran Biaya

Selain biaya konsultasi, hal penting lainnya berkaitan dengan biaya membangun rumah adalah perhitungan rencana anggaran biaya atau biasa disingkat RAB. Memang untuk mengetahui secara pasti berapa Anggaran Membangun Rumah Minimalis satu lantai harus di buat Rencana Anggaran Biaya, tapi ada cara untuk menghitung secara cepat berapa biaya yang harus disediakan jika kita ingin membangun rumah.

Cara ini sifatnya hanya perkiraan karena ada beberapa faktor yang menentukan anggaran membangun sebuah rumah antara lain harga bahan bangunan di masing-masing daerah berbeda beda. Harga bahan bangunan tentu akan berkaitan dengan kualitas bangunan yang akan dibuat. Semakin pintar kita memilih bahan bangunan, baik dari segi kualitas bahan dan harganya, tentu kita akan menuai keuntungan jangka panjang.

Dalam hal ini, jika kualitas bangunan yang dibuat tersebut bagus, maka anda tidak perlu terlalu sering berpikir tentang biaya perbaikan rumah yang tentu juga akan merogoh banyak kocek anda.
Selain bahan bangunan, biaya pembangunan rumah juga akan dipengaruhi seberapa luas bangunan anda. Semakin luas bangunan rumah, tentu semakin banyak pula bangunan yang diperlukan.

Untuk itu, anda perlu mempertimbangkan berapa budget anda, dan berapa luas rumah yang akan anda bangun dengan budget yang anda sediakan.
Tingkat kesulitan juga akan mempengaruhi apakah biaya yang anda keluarkan untuk membangun rumah membengkak atau efisien.

Tingkat kesulitan ini berkaitan dengan seberapa banyak ruangan yang ada di rumah anda, tingkat kerumitan bagian dalam rumah, serta apakah anda akan membangun rumah yang minimalis atau maksimalis. Tentunya hal ini hanya anda yang bisa menentukan.

Segala biaya pembangunan rumah memang pada dasarnya perlu segera direncanakan dan direalisasikan. Hal ini dikarenakan dalam perencanaan pembangunan rumah tidak bisa terlepas dari dampak inflasi yang otomatis akan mengakibatkan kenaikan harga-harga kebutuhan anda dalam membangun rumah.

Tentunya, dengan perencanaan yang matang, jangka waktu yang telah ditentukan, serta cara pembiayaan yang telah anda pilih, anda dapat segera merealisasikan rumah idaman yang anda inginkan.

Salam Sukses,
Sumber : Milist Vio Manajemen

Silahkan baca juga :
Powerful Inspirasi Keren Desain Rumah, Apartemen, Villa dan lain2 jangan bangun rumah sebelum punya koleksi desain CDP ini, segera miliki koleksinya disini


*saling berbagi pengalaman dan informasi seputar bisnis properti, www.propertipowerful.com


















0 komentar:

Posting Komentar