Selasa, 03 Januari 2017

Kenaikan Harga Properti Tidak Terkejar Kenaikan Penghasilan

Kenaikan harga properti tak terkejar kenaikan penghasilan. Apalagi suku bunga BI naik dan diprediksi akan kembali naik menyusul merosotnya rupiah. Tentu saja suku bunga KPR akan meningkat pula.
Akibatnya di tahun 2016, diprekdisikan backlog rumah akan meningkat tajam dibanding tahun 2015. Saat ini saja diperkirakan 15 juta orang belum memiliki rumah. Dan setiap tahun bertambah 200ribu-500ribu orang.

Para pengembang akan "dipaksa� menurunkan segmentasi pasarnya ke pasar menengah dan bawah yang sebenarnya juga sudah penuh. Belum lagi peraturan perijinan yang semakin ketat. Mengakibatkan margin profit tipis.

Walau demikian, investasi properti tetap lebih menjanjikan dibandingkan dengan investasi lainnya. Karena "barang� akan semakin langka. Dan sesuai rumus ekonomi, barang yang langka, akan semakin meningkat harganya.

Hal ini mendorong para investor untuk memilih membangun atau membeli properti produktif seperti kost-kostan atau rumah kontrakan. Mengingat pasar pengguna properti yang tidak mampu membeli, akan memilih menyewa.

Perlu dukungan pemerintah untuk mendorong sektor properti terutama segmentasi rumah bersubsidi. Perlu stimulus yang lebih dari sekedar suku bunga tetap, kemudahan uang muka, pengurangan pajak. Misalkan saja pembebasan biaya perijinan, proses sertifikasi, pembangunan jalan, listrik, air dan fasum lainnya.
Semata-mata agar makin banyak orang yang mampu membeli rumah. Dan perekonomian kembali berjalan berlandaskan sektor riil.

Yuk pelajari ilmu bisnis pengembang bersubsidi bersama master FLPP Indonesia disini 
http://workshopproperti.com

Salam Sukses,
Sumber: Milist Vio Manajemen.


Baca juga disini :
Powerful Inspirasi Keren Desain Rumah, Apartemen, Villa dan lain2 jangan bangun rumah sebelum punya koleksi desain CDP ini, segera miliki koleksinya disini http://www.contohdesainproperti.com/?id=desaincantik

Info seputar Workshop Bisnis Properti Spektakuler 2017 silahkan Klik Disini www.propertipowerful.com


*saling berbagi pengalaman dan informasi seputar bisnis properti, www.propertipowerful.com

0 komentar:

Posting Komentar