Senin, 15 Juni 2015

Ini Tiga Modal Penting Buat Pengusaha Versi CT

Pengusaha nasional pemilik CT Corpora, Chairul Tanjung (CT) menyebut ada tiga modal usaha yang paling penting dalam berbisnis, yaitu uang, jaringan pertemanan, dan diri sendiri.

"Modal pertama adalah uang. Banyak orang Indonesia berpikir modal usaha hanya uang. Kalau tidak punya uang tidak bisa jadi pengusaha. Itu kata banyak orang," kata CT di seminar d'Preneur Spesial di Dyandra Convention Center, Surabaya, Minggu (14/6/2015).

"Saya membuktikan tanpa uang pun orang bisa jadi pengusaha. Uang bukan satu-satunya modal yang diperlukan karena ada modal-modal lain," ujarnya.

Modal kedua, kata CT, adalah networking alias jaringan pertemanan. Menurut CT, justru ini modal yang paling penting ketimbang hanya uang.

CT dulu bisa berbisnis fotokopi di kampusnya ketika kuliah karena kenal dengan dekan kampus setelah ia menjadi pimpinan mahasiswa setempat.

"Ini contoh networking bisa jadi modal usaha," tambahnya.

Sementara modal yang ketiga adalah diri kita sendiri. Integritas diri dan kepercayaan orang lain terhadap diri kita adalah satu hal yang sangat penting.

"Apakah kita bisa jaga kepercayaan dari orang lain? Kalau tidak bisa, maka kita tidak punya modal. Integritas ini bisa jadi modal. Kepribadian yang baik dan diakui banyak orang, kita pekerja keras, punya pendidikan, ini bisa menang dalam persaingan. Tiga modal ini harus anda miliki," ucapnya.

Sumber :  detik.com

0 komentar:

Posting Komentar