Banyak hal yang membuat proses komunikasi kita terganggu hingga kita merasa sulit untuk menjadi akrab dengan calon konsumen kita. berikut beberapa teknik yang dapat kita terapkan agar cepat arab dengan konsumen :
CUSTOMER PROFILING
Sebelum bertemu dengan sang calon konsumen carilah info sebanyak-banyaknya tetangnya, adapun cara yang dapat dilakukan adalah sebagai berikut :
- Carilah info lengkap melalui social media, seperti Facebook, Twitter dll.
- Lakukan analisa kepribadianya.
- Intinya semakin banyak kita tahu latar belakangnya akan semakin mudah dalam memulai komunikasi.
Saat bertemu dan menjalin komunikasi dengan konsumen, samakan diri Anda dengan konsumen melalui hal-hal berikut ini:
- Posisi Tubuh
- Irama Nafas
- Serta samakan 3 hal berikut : (3V) Verbal, Visual, Vokal yaitu : Verbal adalah samakan pilihan katanya, Visual adalah tunjukan antusias kita dalam bahasa tubuh, Vocal dengan menyamakan tinggi rendahnya intonasi
Dalam rangka menyamakan topik pembicaraan banyak hal dapat digali melalui Hobi, Kota Asal, Alumnus tiga hal ini cukup mudah untuk memulai pembicaraan yang akrab dengan konsumen,
saat kita berkomunikasi dengan konsumen sangatlah dianjurkan untuk mengulangi statment penting yang diucapkan konsumen, hal ini dapat menunjukan rasa kepedulian kita terhadap apa yang dibicarakan konsumen
PURPOSE & GOODWILL (Tujuan dan Niat Baik)
Tanpa ditunjukan, jika kita memiliki niat baik gelombang positif akan diterima konsumen, karena saat niat baik adalah hal awal yang mendasari kita untuk melakukan sesuatu yang positif makan akan banyak terjadi hal-hal yang menunjukanya, seperti senyum yang ikhlas dll, ini akan otomatis terbentuk tanpa kita sadari.
PLEASANT PERSONAL (Pribadi Yang Menyengankan)
Jadilah Pribadi yang menyengkan untuk konsumen, jangan terkesan kaku dan jadilah orang yang mudah bergaul.
Penulis : Saputra Wijaya | www.SaputraWijaya.com
Sumber : yukbisnisproperti.org
0 komentar:
Posting Komentar