4 Inspirasi Taman Tropis Minimalis di Rumah
Berbicara tentang konsep taman tropis memang tidak ada habisnya. Di antara banyak konsep taman, taman tropis lebih sesuai dengan dengan karakteristik rumah Indonesia.
Pada dasarnya, taman dirancang sealami mungkin dengan mengadopsi nuansa hutan hujan tropis di Indonesia yang teduh dan sunyi. Taman ini tidak selalu berada di luar ruangan tetapi juga bisa di tertutup.
Elemen-elemen pendukung untuk mendesain taman ini juga haruslah bersifat alami, seperti batu koral putih dan pecahan batu kali. Agar suasana hutan hujan tropis pun tetap terasa.

Kedua elemen tersebut akan membantu menambah pesona tanaman hias yang berjejer di kanan-kiri. Selain itu, taman tropis juga menggunakan batu setapak. Batu setapak ini bertujuan mempercantik taman dan sebagai pelindung rumput agar tidak terinjak.
Kali ini Rumah.com akan menunjukkan inspirasi taman minimalis tropis yang bisa menjadi inspirasi Anda. Berikut ulasannya:
Taman dengan sedikit tanaman
Contoh taman Margaritegarden.com
Contoh taman yang menggunakan batu jenisbaligreen tidak terlalu membutuhkan terlalu banyak rumput (sumber: Margaritegarden.com
Bila taman sangat kental dengan unsur rumput, contoh taman seperti tampak pada gambar justru tidak menggunakan elemen rumput. Sebagai pengganti rumput, desainer menerapkan batu paras kebumen dan sebagian lagi menggunakan jenis batu baligreen.
Selain itu, paduan tanaman seperti gelombang cinta (antarium), palm, dan supplir bisa menjadi pengganti hijaunya rerumputan. Kenyamanan pun muncul dengan peletakkan kursi dan meja berjaring.
Kombinasi taman tropis minimalis
Inspirasi ini contoh membuat taman yang memadukan (sumber: marg
Inspirasi ini contoh membuat taman yang memadukan beatuan, rumput, dan tanaman hias (sumber: Margaritegarden.com)
Selanjutnya adalah perpaduan dari taman tropis dan minimalis. Contoh taman ini bisa menjadi inspirasi di rumah Anda.
Anda tinggal memadukan batu koral sikat sebagai warna kontras dengan tanaman suplir, rumput gajah mini, dan tanaman hias lainnya. Biarkan tanaman tetap rimbun dan banyak, agar kesan teduh masih bisa dirasakan.
Ciptakan keseimbangan
Contoh taman tropis minimalis yang menerapkan konsep keseimbangan  (sumber: Inovazon.com)
Contoh taman tropis minimalis yang menerapkan konsep keseimbangan (sumber: Inovazon.com)
Perpaduan taman tropis minimalis ini terkesan luas akibat tanaman yang tidak rimbun serta pemasangan pijakan koral sikat (alor putih) yang disusun berbaris. Tujuan pijakan batu koral sikat untuk mengurangi dominasi warna hijau dari ruput Jepang.
Lahan sempit tampak luas
Taman mungil ini adalah contoh taman tropis yang bisa diaplikasikan pada ukuran taman yang sempit (sumber: Houzz.com)
Taman mungil ini adalah contoh taman tropis yang bisa diaplikasikan pada ukuran taman yang sempit (sumber: Houzz.com)
Memiliki taman tidak selalu harus lahan yang luas. Bagi Anda yang memiliki sisa lahan sekitar 2m x 3m atau 3m x 3m bisa menyulapnya dengan inspirasi desain seperti tampak pada gambar.
Kuncinya adalah kreativitas penghuni rumah itu sendiri. Dengan menggunakan batu koral dan sedikit batu setapak, Anda bisa membuat taman terlihat manis.
Agar taman tampak luas, Anda juga bisa menggunakan batu tempel atau marmer untuk dijadikan lantai tempat kursi berada di sebelahnya. Kendati mungil, tempat ini bisa membantu relaksasi Anda di rumah.
Namun yang perlu diperhatikan adalah elemen taman tropis terbilang alami. Agar tetap terlihat indah, Anda dituntut untuk senantiasa memperhatikan kondisinya.
Misalnya, batu setapak yang terbuat dari batu alam, koral, semen dan sebagainya cukup rentan berlumut karena faktor cuaca dan air.
Usahakan untuk tetap dirawat seperti menyikat setiap seminggu sekali agar tidak ditumbuhi lumut. Apabila berlumut,  bukan hanya merusak keindahan, permukaannya yang licin akan membahayakan keselamatan Anda.
Buku: Kreatif dan Dinamis dengan Batu Alam.
Feature picture: pixabay.com
Sumber artikel : Rumah.Com 




Silahkan baca juga seputar produk digital properti :
e-book : 

  • Langkah Cerdas Untuk Menjadi Developer Properti, klik DISINI
  • Langkah Kreatif dan Adaptif Menjadi Developer, klik DISINI
  • Langkah Cerdas Menguasai SEO, klik DISINI
  • Cara Jualan Properti via Online, klik DISINI
Software Pemasaran Developer : 
  • Software Informasi Pemasaran Developer Properti, klik DISINI
  • Software SOP Perumahan nDalem Property, klik DISINI
  • Software Sistem Penginapan Terbaru, klik DISINI

 Paket CD :

  • 50.000 Contoh Desain Rumah Impian Anda, klik DISINI
Jasa Arsitek :

    • Jual Paket Desain Rumah, klik DISINI