Senin, 19 September 2016

Peluncuran Gerakan Nasional- Mari Berdigital oleh Kementerian Koperasi dan UKM dan bDigital Indonesia

Jakarta- 24 Agustus lalu Sekretaris Kementerian Koperasi dan UKM (KEMENKOP), Agus Muharram dengan CEO bDigital, Ricardo Santos meresmikan peluncuran gerakan nasional “Mari Berdigital” di Gedung SME Tower Gatot Subroto. Acara yang disponsori oleh Astra Life, Veritrans dan BNI ini didatangi oleh lebih dari 400 pemilik bisnis Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM), peminat bisnis digital, dan pegiat pemasaran online. Acara ini ditujukan untuk mendigitalisasi lebih dari 58 Juta bisnis lokal di Indonesia.

Seremoni pembukaan mengawali serangkaian seminar sekaligus menandai datangnya era digital di tengah masyarakat bisnis. Dengan tarian tradisional dan dua pembawa bendera di barisan depan, para mentor dan pembicara masuk ke ruangan.  Tidak main-main, pembicara yang dihadirkan adalah orang-orang yang sudah kompeten dibidangnya. Para pembicara adalah Fida Heyder (Product Marketing Manager dari Google Indonesia), Andi Silalahi (CMO dari bDigital Indonesia), Aldi Rinaldi (Kepala EB Business Group Astra Life Indonesia), Anton F.Siregar (GM Divisi Bisnis Usaha Kecil Bank BNI), dan Diera Yosefina Hartono (VP of Community Management di Veritrans).  Setelah perkenalan, hadirin dipersilahkan untuk tetap berdiri dan menyanyikan lagu Indonesia Raya. Suasana haru menyelimuti ruangan saat lagu Indonesia Raya dikumandangkan.
Sambutan awal dari Bapak Agus Muharram, Sekretaris Kemenkop dan Ricardo Santos, CEO dari bDigital turut mewarnai acara yang didukung penuh oleh Google ini. Dalam sambutannya, Bapak Agus mengatakan bahwa Gerakan Nasional – Mari Berdigital adalah salah satu bentuk perpanjangan tangan dari pemerintah dalam rangka mengajak UMKM untuk berdigital. Terlebih, ada 59 juta pasar potensial yang siap digarap untuk dijadikan konsumen di dunia online. Oleh karenanya, beliau sangat menyayangkan jika hal tersebut disia-siakan, padahal kreativitas dan kualitas barang dan jasa yang ditawarkan tidak kalah menarik dari produk luar negeri.
Penyampaian materi pertama oleh Bapak Anton F. Siregar mengusung tema Kredit Usaha Rakyat, lalu dilanjutkan oleh Fida Heyder dengan materi “Google Untuk UMKM”. Para hadirin mengikuti setiap sesi dengan antusias mengingat tema materi yang signifikan untuk kemajuan perekonomian bisnis lokal. Sesi berikutnya dibawakan oleh Bapak Andi Silalahi, yang dengan orasi nya mengajak para hadirin untuk menjadi resellerpemasaran digital. Bapak Aldi Rinaldi dari Astra Life membawakan materi “Manajemen Bisnis UKM” yang membuka mata para pebisnis untuk meningkatkan kesejahteraan karyawan agar bisnis dapat dijalankan secaraautopilot. Tidak lupa bidang Payment Gateway yang materinya dibawakan oleh Diera Yosefina Hartono dari Veritrans. Materi-materi tersebut sudah disusun sedemikian rupa agar para peserta mendapatkan pengetahuan yang ringkas namun cukup jelas untuk memberikan insight seputar cara dan benefit yang bisa didapatkan dengan  berdigital. Tentu acara ini menuai banyak pujian dan tanda terima kasih, mengingat banyaknya boothUKM yang ikut memasarkan produknya di gedung andalan UKM Indonesia ini.
Selain materi yang diberikan oleh para pembicara, acara yang juga disponsori oleh BNI dan Veritrans ini menghadirkan mentor untuk sesi tanya jawab panelis. Mentor yang dihadirkan sangat berpengaruh dan berpengalaman di bidang UKM, seperti Arvid Yap (COO dari bDigital), Mudi Astuti (CEO dari SMEIndonesia.org), Ade Wahyudi (Direktur Program Khusus Tangan DiAtas), dan Eko Budi Wa (Manager Community Development dari UKM Center UI). Dipimpin oleh moderator Ervira Natalia, terjadi interaksi yang menarik antara panel dengan para peserta yang mengajukan banyak pertanyaan seputar keberlangsungan UKM berdigital. Pertanyaan-pertanyaan yang diajukan oleh hadirin mulai dari masalah yang sering dihadapi pemilik bisnis hingga tren unik “Research Online Purchase Offline“ yang marak di Indonesia.
Acara yang berlangsung meriah ini diharapkan dapat menjadi titik awal dari Gerakan Nasional – Mari Berdigital di berbagai kota besar di Indonesia selama satu tahun ke depan. Gerakan ini akan diikuti oleh serangkaian Mini Event bDigital Corner yang didedikasikan untuk para pemilik UMKM di Indonesia.  Seperti yang diulas Diera Hartono di sesi pemberian materi, “Pilar dari eCommerce ada 4, yaitu sistem pembayaran, iklan online, pengiriman logistik dan infrastruktur Internet”, bDigital pun merasa perlu untuk mengangkat topik menarik mulai dari kiat-kiat bisnis online, manfaat dari penggunaan eCommerce, Online Payment Gateway, iklan online dan topik lainnya untuk para pebisnis lokal Indonesia. bDigital Corner ini akan diadakan secara gratis setiap minggunya di beberapa tempat di wilayah DKI Jakarta. Ayo follow media sosial bDigital untuk tahu jadwal-jadwal paling update.
Nantikan acara bertajuk bisnis UKM berdigital lainnya dari bDigital!
Sumber : http://www.bdigital.id

0 komentar:

Posting Komentar